Tuesday 10 June 2014

Bedah Paper TEKNOLOGI AUTOMATIC ROOF


Latar belakang Paper ini berjudul AUTOMATI ROOF dimana paper tersebut membahas tentang memanfaatkan salah satu alat elektronik dijaman modern yaitu mikrokontroler untuk menggerakan atap agar dapat bergerak otomatis ( menutup atau terbuka) dan timbah dengan sensor cahaya dan air agar penggunaannya lebih maksimal. contoh saat ketika sedang menjemur pakaian hujan turun, maka atap akan menutup dikarena kan sensor air terkena rangsangan dari air. begitu pula dengan panas, ketika panas mata hari maka sensor cahaya akan membuka atap agar jemuuran pakaian cepat kering

Tujuan: untuk membantu pekerjaan rumah khususnya para ibu rumah tangga dalam hal menjemur pakaian. apalagi di musim penghujan. apabila menggunakan alat ini maka ibu rumah tangga tak perlu khawatir kalau hujan datang. karena atap tempat mereka menjemur pakaian akan menutup otomatis ketika terkena rangsangan air dibagian sensor, dan atap akan terbuka kembali ketika matahari sudah muncul. maka pakaian pun akan cepat kering.

Permasalahan: Ketika proses penutupan dikarenakan hujan. masih butuh waktu delai yang cukup lama agar atap benar2 tertutup sehingga kemungkinan pakaian terkena air hujan masih ada. walaupun tidak sebanyak ketika tidak menggunakan automaticroof. dan untuk pembukaan atap sensor cahaya butuh daya rangsang yang kuat dari matahari. sehingga kalau cuaca mendung dari atap yang tertutup bakal lama terbuka karena rangsangan dari matahari yang sedikit. sehingga menyulikan sensor cahaya aktif atau merangsang alat untuk membuka atapnya.

sumber: http://papers.gunadarma.ac.id/index.php/computer/article/view/16335/15549

No comments:

Post a Comment