Tuesday 11 March 2014

TUGAS SOFTSKILL 1 : Teknologi Informasi & Multimedia#

    1.      Apa itu multimedia?
Jawab: Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk memmbuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara)dan juga berupa . Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan senserealistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasildigitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
2.      Konsep dasar Multimedia
Jawab: Dalam konsep dasar multimedia ini memiliki beberapa poin-poin penting, diantaranya adalah pengertian multimedia (sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya), tujuan multimedia dan elmen-elemen multimedia. Berikut penjabaran dari poin-poin tersebut :


Tujuan Multimedia :
·      Dalam penggunaannya, multimedia memiliki tujuan sebagai berikut :
·      Meningkatkan efektifitas penyampain informasi
·      Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
·      Merangsang panca indra, karena bersifat visulaisasi
·      Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai pemulla.
 Eleman-elemen Multimedia:
Untuk dapat membuat suatu multimedia yang baik, dibutuhkan elemen-elemen yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi, elemen-elemen multimedia tersebut antara lain :
A.      Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang palingmendasar dan sederhana yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Teks biasanya dihasilkan oleh program pengolahan kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagain besar aplikasi multimedia yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya sendiri. Teks bersifat menjelaskan secara teliti dan akurat.
B.      Animasi
Animasi adalah gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan mengayangkan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi merupakan elemen multimedia yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis gambar yang bergerak, termasuk filem. Dengan animasi, kita dapat mempresentasikan suatu konsep secara visual apa bila dijelaskan dengan cara lain akan jauh lebih sulit.

C.      Grafik
Grafik sangan bermanfaat terutam untuk mengilustrasikan sesuatu atau membandingkan informasi. Grafik atau seni garis sederhana mempunyai kegunaan dalam berkomunikasi terutama untuk lebih menekankan informasi yang ingin disampaikan. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scenner maupun gambar lain baik dua dimensi mapun tiga dimensi.



D.     Gambar
Gambar merupakan suatu obyek yang dapat ditempilkan dalam bentuk garafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak mempunyai relasi dengan waktu. (Andleigh dan Thakrar, 1996).

E.      Suara
Suara menurut Vaughan (1993) merupakan elemen multimedia yang paling sensasional. Integrasi suara kedalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media yang lain. Ada informasi yang tidak mungkin atau sangat sulit untuk dijelaskan tanpa bantuan suara.

F.       Video
Video menyerupai animasi, akan tetapi biasanya diperoleh dari adegan dunianyata yang disimpan dalam file. Video merupakan elemen multimedia paling kompleks dan paling memerlukan persyaratan perangkat keras yang tinggi.
3.      Pemanfataan Multimedia?
Jawab: Pemanfaatan Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur. Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Contoh pemanfaatan multimedia di terapkan pada:
·         Multimedia di Rumah Tangga
·         Multimedia di Tempat Umum
·         Multimedia Dalam Pendidikan
·         Multimedia Dalam Bisnis
4.      Multimedia dalam pendidikan?
Jawab :  Dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
5.      Multimedia untuk aplikasi umum?
Jawab : Bicara masalah umum berarti kita akan membicarakan pada banyak sebagian orang yang menggunakan multimedia. Multimedia sangat penting dalam kemajuan untuk berbagai bidang telekomunikasi oleh karena itu mengenai penggunaan multimedia sangat dekat pada penggunanya. Contoh multimedia yang selalu berada di sekitar kita:
·         Televise
·         Radio
·         Handphone
·         Computer

Multimedia juga terdapat pada tempat-tempat umum contohnya :
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Multimedia juga dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem bidang keagamaan :
·         Ceramah agama di televisi dan radio.
·         Quran digital dengan gambar dan suara. 
·         Doa dengan gambar dan suara.
·         Simulasi  sholat dan whudu
6.      Internet Based?
Jawab: Pengertian aplikasi web based adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Web based application adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet yang mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di computer masing-masing seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server aplikasi tersebut dipasang. Contohnya: Google spreadsheet, Google Word Processor, webmessenger.yahoo.com, meebo.com, dan game flash yang dijalankan secara online, dan yang lain



SUMBER:

No comments:

Post a Comment