1.
Apa itu
multimedia?
Jawab: Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia game, dan juga untuk memmbuat website.
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada awalnya
multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar
diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi
indra pendengaran (suara)dan juga berupa . Dalam perkembangannya multimedia
mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman.
Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan
film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk
penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan senserealistis.
Bau mulai
menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasildigitizing bau
tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan aroma.
2. Konsep dasar Multimedia
Jawab: Dalam konsep dasar multimedia ini
memiliki beberapa poin-poin penting, diantaranya adalah pengertian multimedia
(sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya), tujuan multimedia dan
elmen-elemen multimedia. Berikut penjabaran dari poin-poin tersebut :
Tujuan Multimedia :
· Dalam penggunaannya, multimedia memiliki
tujuan sebagai berikut :
· Meningkatkan efektifitas penyampain informasi
· Mendorong partisipasi, keterlibatan dan
eksplorasi pemakai
· Merangsang panca indra, karena bersifat
visulaisasi
· Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi
pemakai pemulla.
Eleman-elemen Multimedia:
Untuk dapat
membuat suatu multimedia yang baik, dibutuhkan elemen-elemen yang memiliki
kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi, elemen-elemen multimedia tersebut
antara lain :
A. Teks
Teks merupakan
elemen multimedia yang palingmendasar dan sederhana yang digunakan untuk
menyampaikan informasi. Teks biasanya dihasilkan oleh program pengolahan kata
dan merupakan informasi yang utama pada sebagain besar aplikasi multimedia
yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya sendiri. Teks bersifat
menjelaskan secara teliti dan akurat.
B. Animasi
Animasi adalah
gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan mengayangkan frame-frame
gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi merupakan
elemen multimedia yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis
gambar yang bergerak, termasuk filem. Dengan animasi, kita dapat
mempresentasikan suatu konsep secara visual apa bila dijelaskan dengan cara
lain akan jauh lebih sulit.
C. Grafik
Grafik sangan
bermanfaat terutam untuk mengilustrasikan sesuatu atau membandingkan informasi.
Grafik atau seni garis sederhana mempunyai kegunaan dalam berkomunikasi
terutama untuk lebih menekankan informasi yang ingin disampaikan. Grafik dapat
berupa kurva, foto, hasil scenner maupun gambar lain baik dua dimensi mapun
tiga dimensi.
D. Gambar
Gambar merupakan
suatu obyek yang dapat ditempilkan dalam bentuk garafik (non teks) atau konsep
yang berbentuk kode yang tidak mempunyai relasi dengan waktu. (Andleigh dan
Thakrar, 1996).
E. Suara
Suara menurut
Vaughan (1993) merupakan elemen multimedia yang paling sensasional. Integrasi
suara kedalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin
diberikan oleh media yang lain. Ada informasi yang tidak mungkin atau sangat
sulit untuk dijelaskan tanpa bantuan suara.
F. Video
Video menyerupai
animasi, akan tetapi biasanya diperoleh dari adegan dunianyata yang disimpan
dalam file. Video merupakan elemen multimedia paling kompleks dan paling
memerlukan persyaratan perangkat keras yang tinggi.
3. Pemanfataan Multimedia?
Jawab: Pemanfaatan Multimedia dapat
ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi
elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks,
menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan
informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga
bisa menjadi amat menghibur. Multimedia juga menjembatani dan menjangkau
masyarakat yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer
kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian
ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan,
tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Contoh
pemanfaatan multimedia di terapkan pada:
·
Multimedia di Rumah Tangga
·
Multimedia di Tempat Umum
·
Multimedia Dalam Pendidikan
·
Multimedia Dalam Bisnis
4.
Multimedia dalam pendidikan?
Jawab : Dunia pendidikan adalah dunia yang paling
membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini para siswa
dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam
aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari,
kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan
gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat
dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain
karena merasa tertarik akan media penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan
TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada
usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan
orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan
lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru
bagi dunia pendidikan.
5. Multimedia untuk aplikasi umum?
Jawab : Bicara
masalah umum berarti kita akan membicarakan pada banyak sebagian orang yang
menggunakan multimedia. Multimedia sangat penting dalam kemajuan untuk berbagai
bidang telekomunikasi oleh karena itu mengenai penggunaan multimedia sangat
dekat pada penggunanya. Contoh multimedia yang selalu berada di sekitar kita:
·
Televise
·
Radio
·
Handphone
·
Computer
Multimedia
juga terdapat pada tempat-tempat umum contohnya :
Aplikasi multimedia di
tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada
hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi
dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada
pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang
terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Multimedia juga dapat mendukung
pelayanan dan fasilitas sistem bidang keagamaan :
·
Ceramah agama di televisi dan radio.
·
Quran digital dengan gambar dan suara.
·
Doa dengan gambar dan suara.
·
Simulasi sholat dan whudu
6. Internet Based?
Jawab: Pengertian aplikasi web
based adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis
teknologi web atau browser. Web based application adalah suatu aplikasi yang
dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser. Aplikasi
ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet yang mendukung,
tanpa perlu melakukan penginstallan di computer masing-masing seperti pada
aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat server
aplikasi tersebut dipasang. Contohnya: Google spreadsheet, Google Word
Processor, webmessenger.yahoo.com, meebo.com, dan game flash yang dijalankan
secara online, dan yang lain
SUMBER:
No comments:
Post a Comment